30 October 2007

Apa itu Cinta?


Cinta adalah salah satu sifat Alloh yang maha Agung, oleh karena itu juga di dalamnya, di dalam cinta ada keagungan, keagungan cinta. Manusia diperintahkan untuk meniru akhlak Alloh. Dalam hal cinta, orang yang memiliki perasaan cinta dan bisa mencintai adalah ma­nusia yang mulia.

Namun cinta itu bertingkat-tingkat. Menurut Imam al Ghazali, ada empat tingkatan kualitas cinta:

1. Ada orang yang hanya mencintai diri sendiri, cinta diri. Segala ukuran kebaikan hanya diukur dengan kepentingan dirinya. Ini adalah cinta yang paling rendah kualitasnya.

2. Ada orang yang mencintai orang lain sepanjang orang itu membawa keuntungan bagi dirinya. Jika ke­un­tungan dari cinta itu sudah tidak ada maka cintanya­pun putus. Cinta tingkat ini adalah cinta pedagang, cinta transaksional.

3. Ada orang yang mencintai orang baik, meski ia tidak diuntungkan sedikitpun dari orang yang dicintainya itu. Cinta tingkat ini sudah termasuk cinta yang agung.

4. Ada orang yang mencintai kebaikan murni terlepas dari siapapun yang memiliki kebaikan itu. Cinta tingkat ini adalah yang tertinggi, dan merekalah yang dapat mencintai Alloh, karena Alloh itu adalah kebaikan an sich.
(Sumber Mubarok institute)

1 comment:

  1. Mencintai laksana Matahari, sungguh butuh kekuatan tekad baja.

    Selalu menyinari, tanpa berharap balasan apapun dari yang menerima sinarnya.

    Tulisan yang bagus Mas Heri!
    Salam,
    Wuryanano
    http://wuryanano.wordpress.com/

    ReplyDelete